Asep S Solikhin

Pernah menghabiskan masa kecil di daerah Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Ciamis. Kini tinggal bersama keluarga kecil dengan 2 putri di salah satu sudut K...

Selengkapnya
Navigasi Web
Agar Laporan PTK dapat dinilaikan Angka Kredit dalam pengajuan PAK

Agar Laporan PTK dapat dinilaikan Angka Kredit dalam pengajuan PAK

Laporan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu jenis publikasi ilmiah yang dapat dinilaikan dalam pengajuan angka kredit guna keperluan kenaikan pangkat/jabatan seorang guru (PNS). Sebagaimana diatur bahwa guru mulai golongan III b harus melakukan publikasi ilmiah guna kenaikan pangkat/jabatan. Nah salah satu kegiatan tersebut bisa dipenuhi dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dan menyusun laporannya. Laporan hasil penelitian tersebut dapat diterbitkan untuk umum maupun tidak diterbitkan. Jika laporan hasil penelitian itu diterbitkan maka ketentuannya adalah sebagai berikut:

(1) Diterbitkan/dipublikasikan dalam bentuk buku ber-ISBN dan harus mendapat pengakuan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

(2) Laporan disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah ilmiah/jurnal ilmiah di tingkat internasional, nasional, provinsi ataupun tingkat kabupaten. Jika jurnal ilmiah tersebut tingkat nasional maka harus sudah terakreditasi. Jurnal tingkat provinsi atau tingkat kabupaten harus sudah ber-ISSN. Boleh juga diterbitkan di jurnal ilmiah online yang sudah jelas E-ISSN-nya (Elektronic Internasional Standard Serial Number) dan DOI-nya (Digital Object Identifier)

Apabila laporan hasil penelitian yang telah disusun oleh guru tidak diterbitkan atau hanya untuk kepentingan pribadi maka laporan tersebut harus diseminarkan di sekolahnya serta disimpan di perpustakaan. Seminar laporan hasil penelitian harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

(1) Ada panitia pelaksanaan seminar

(2) Dilaksanakan di sekolahnya dihadiri oleh minimal 15 orang guru dari 3 sekolah yang setingkat.

(3) Dilengkapi dengan berita acara yang berisi : (a) keterangan waktu pelaksanaan; (b) tempat; (c) peserta; (d) notulen seminar; dan (e) daftar hadir peserta seminar ditandatangani oleh ketua panitia seminar dan kepala sekolah.

Lalu bagaimana kerangka laporannya?

Untuk kerangka isi laporan hasil penelitian yang diterbitkan dalam buku atau jurnal, kerangkanya mengikuti persyaratan yang berlaku dalam penulisan buku atau jurnal yang dimaksud. Adapaun kerangka isi atau format laporan hasil penelitian yang tidak diterbitkan secara umum harus terdiri dari 3 bagian utama yakni bagian awal, bagian isi dan bagian penunjang.

l Bagian Awal

Pada bagian awal harus terdiri dari (1) halaman judul, (2) lembar persetujuan penelitian, (3) kata pengantar,(4) daftar isi, (5) daftar tabel, (6) daftar gambar, dan (7) lampiran, serta (8) abstrak atau ringkasan.

l Bagian Isi

Pada bagian ini pada umumnya terdiri dari beberapa bab yakni:

(1) Bab Pendahuluan yang menjelaskan tentang latarbelakang masalah, perumusan masalah, tujuan, dan manfaat hasil penelitian; (2) Bab kajian teori/tinjauan pustaka; (3) Bab metode penelitian (4) Bab hasil dan diskusi/analisis hasil kajijan; serta (5) Bab kesimpulan dan saran.

l Bagian Penunjang

Pada bagian penunjang harus memuat daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang menunjang isi laporan seperti : RPP, isntrumen penelitian yang digunakan, contoh hasil kerja peserta didik, contoh isian instrumen, foto-foto kegiatan, surat izin penelitian, dan dokumen pelaksanaan penelitian lainnya yang menunjang keaslian penelitian tersebut.

Referensi tulisan: Buku Pedoman Keprofesian Berkelanjutan Edisi 2019

#Tantangan365

#Tantanganke 11

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap,, pengen diajari nulis PTK digurusiana, salam literasi

23 Jun
Balas

Saya copy ya, Pak. Buat referensi saya, soalnya saya lagi buat PTK. Terima kasih.

19 Jun
Balas

silahkan bu. semoga sukses PTK-nya

19 Jun

Ijin share Pak

27 Jun
Balas

waoo keren ... lanjut pak

19 Jun
Balas

terimakasih bu Ninik

19 Jun

Mantap pak

19 Jun
Balas

terimakasih bu Sry Indrayani

19 Jun

Terima kasih penjelasannya pak.

22 Jun
Balas



search

New Post